7 Oktober 2013

Arti Dan Fungsi RAM

Arti Dan Fungsi RAM,mungkin para sahabat yang belum mengetahui apa Arti dan Fungsi Ram,kini saya akan menjelaskan secara detail,agar anda paham apa Arti Dan Fungsi Ram... 

Pengertian dan Fungsi RAM | Algozali.com
Arti Dan Fungsi RAM

Random Access Memory Atau dengan istilah RAM ataupun biasa disebut memory, adalah suatu alat komputer atau perangkat keras/hardware. Ram merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara. 
Apabila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram ini akan hilang...
Fungsi Ram yaitu untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device.
Contohnya yaitu:
  • Kita akan memutar mp3 dari komputer atau laptop kita, lalu setelah kita buka dengan program winamp atau media lainnya, maka program winamp yang tadinya berada di hard disk, akan di eksekusi di RAM dan dikeluarkan melalui output device, baik melalui speaker atau sebagai keluaran suara ataupun monitor yang dikatakan sebagai tampilan. Maka pemutar mp3 yang tadinya berasal dari hard disk akan disimpan sementara di Ram.
  • Kita akan memainkan game atau aplikasi lain, sama perinsipnya seperti diatas. Artinya program yang telah terinstall di hard disk akan dipanggil ke RAM dan di eksekusi lalu di keluarkan sebagai hasil eksekusi tersebut,sesuai dengan fungsi dari aplikasinya.
Anda perlu ingat!!! Bila komputer yang memiliki ram 128 MB, bila digunakan untuk membuka banyak aplikasi akan mengalami crash/hang? dikarenakan program yang diekseskusi kapasitasnya melebihi dari media eksekusinya atau di sebut Ram, maka dari itu terjadilah crash. Jika di ibaratkan pada manusia  “seseorang itu yang diperintahkan untuk memainkan 5 alat musik dalam satu waktu, apa jadinya?”
Dan mengapa suatu sistem operasi memerlukan standard tersendiri untuk keperluan memorynya? Contoh di windows vista minimal ram 1GB, seandainya yah. apabila untuk menjalankan sistem operasi itu dibutuhkan setidaknya kurang dari 1GB, sisanya untuk aplikasi lain yang sudah terisntal. Begitu pula dengan Game PC yang memerlukan Memory yang cukup besar.

Demikian dari saya tentang Arti Dan Fungsi RAM. Bila anda sudah mengerti apa arti RAM dan fungsi RAM, silahkan di share ke temen-temen facebook maupun twitter dan teman lainnya,agar semua teman-teman tau... thanks

0 komentar:

Posting Komentar

Widget edited by super-bee